Budidaya Belut dan Cacing Lampung

welcome to our blog

PELATIHAN BUDIDAYA BELUT DAN CACING

Jika anda ingin mengetahui cara-cara atau teknik penanganan belut dan cacing, pembenihan, dan pembesaran serta hal-hal lain mengenai budidaya belut dan cacing. Kami telah membuka pelatihan budidaya belut dan cacing di wilayah Lampung, tepatnya di Kota Metro.

Jika berminat, Silahkan hubungi 087898988145 | 082182653431 atau klik Disini

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 17.48 / comment : 3

    Ada kecenderungan, selama ini petani hanya bergantung pada pupuk anorganik atau pupuk kimia untuk mendukung usahataninya. Ketergantungan ini disebabkan oleh faktor yang berkaitan dengan karakteristik pupuk anorganik, antara lain kandungan unsur hara yang relatif tinggi dan penggunaan yang relatif praktis, meskipun sebenarnya petani menyadari harga pupuk anorganik lebih mahal. Kondisi ini semakin terasa dengan semakin naiknya harga sarana produksi pertanian, terutama pupuk organik. Namun proses pengomposan
    secara alami untuk mendapatkan pupuk organik memerlukan waktu yang cukup lama dan dianggap kurang dapat mengimbangi kebutuhan yang terus meningkat. Untuk mengantisipasi terjadinya kekosongan pupuk organik kini ditemukan beberapa aktivator yang  dapat mempercepat proses  pengomposan sehingga kontinuitas produksi pupuk organik lebih terjamin.

    Kompos cacing tanah atau terkenal dengan Kascing yaitu proses pengomposan juga dapat melibatkan organisme makro seperti cacing tanah. Kerjasama antara cacing tanah dengan mikro organisme memberi dampak proses penguraian yang berjalan dengan baik. Walaupun sebagian besar proses penguraian dilakukan mikroorganisme, tetapi kehadiran cacing tanah dapat membantu proses tersebut karena bahan-bahan  yang akan diurai oleh mikroorganisme telah diurai lebih dahulu oleh cacing. Dengan  demikian, kerja mikroorganisme lebih efektif dan lebih cepat.

    Hasil dari proses vermikomposting ini berupa Kascing. Ada juga orang mengatakan bahwa Kascing merupakan kotoran cacing yang dapat berguna untuk pupuk. Kascing ini mengandung partikel-partikel kecil dari bahan organik yang dimakan cacing dan  kemudian dikeluarkan  lagi. Kandungan Kascing tergantung pada bahan organik dan jenis cacingnya. Namun umumnya Kascing mengandung unsur hara yang dibutuhkan  tanaman seperti nitrogen, fosfor, mineral, vitamin. Karena mengandung unsur hara yang lengkap, apalagi nilai C/N nya kurang dari 20 maka Kascing dapat digunakan sebagai pupuk.

    Sumber : Badan Penelitian dan Pengembangan

    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    3 for Manfaat Pupuk Kascing

    1. di cari agen pupuk organik Kascing (bekas media cacing)
      bisa kontak ke CV.SUMBER REZEKI

      BalasHapus
    2. wah manfaatnya cukup bagus, itu tergolong pupuk organik atau kimia ya

      BalasHapus

Comments

The Visitors says
close
Pelatihan Budidaya Belut dan Cacing