Budidaya Belut dan Cacing Lampung

welcome to our blog

PELATIHAN BUDIDAYA BELUT DAN CACING

Jika anda ingin mengetahui cara-cara atau teknik penanganan belut dan cacing, pembenihan, dan pembesaran serta hal-hal lain mengenai budidaya belut dan cacing. Kami telah membuka pelatihan budidaya belut dan cacing di wilayah Lampung, tepatnya di Kota Metro.

Jika berminat, Silahkan hubungi 087898988145 | 082182653431 atau klik Disini

The Team

Blog Journalist

Connect With Us

Join To Connect With Us

Portfolio

    Posted by: Unknown Posted date: 18.36 / comment : 12

    Budidaya Belut Lampung

    BELUTLAMPUNG.COM, METRO -- Belut, mungkin nama ini terdengar sangat aneh bagi mereka yang belum pernah melihat ataupun mendengarnya. Hewan yang panjang dan licin ini ternyata sangat digemari di negara-negara besar seperti, Jepang, Korea, China, Taiwan, Hongkong, Malaysia, Singapura. Tak heran mengapa negara-negara besar tersebut sangat tertarik dengan hewan yang mirip seperti ular namun tidak bersisik ini karena nilai gizinya yang cukup tinggi bahkan melebihi daging sapi dan juga telur, serta rasanya yang juga enak untuk dijadikan hidangan pendamping nasi.

    Kebutuhan pasar yang sangat tinggi terhadap belut untuk di ekspor merupakan suatu keuntungan yang sangat besar bagi warga indonesia khususnya dimana belut termasuk hewan yang terdapat banyak sekali di daerah Indonesia dan negara kita juga merupakan pemasok utama bagi negara-negara importir tersebut. Namun sangat disayangkan, kebutuhan belut yang sangat tinggi itu tidak diimbangi dengan usaha pelestariannya yang saat ini sangat dibutuhkan karena eksploitasi besar-besaran yang dilakukan para petani dan eksportir di indonesia yang mengakibatkan jumlah belut di alam semakin lama semakin berkurang.

    Jika dilihat dari tabel di bawah ini :

    Negara Tujuan
    Kebutuhan
    (Ton/minggu)
    Jepang
    1000
    Hongkong
    350
    China
    300
    Malaysia
    80
    Taiwan
    20
    Korea
    10
    Singapura
    5
    *Dikutip dari berbagai sumber

    Jadi bisa kita bayangkan, dalam waktu 1 minggu belut di alam bisa diperjualbelikan dalam jumlah yang sangat besar. Bagaimana mungkin belut bisa bertambah jika eksploitasinya sangat besar-besaran?
    Inilah yang menjadi problematika, tidak bisa dipungkiri bahwasannya belut harus dilestarikan guna menjaganya agar tetap berkembang dan ada dalam tatanan ekosistem seperti hewan-hewan lainnya.

    Hal inilah yang menyebabkan Bapak Margiyatno mendirikan perusahaan CV.Sumber Rezeki atau yang biasa disebut dengan belut lampung. Yakni tempat budidaya belut di provinsi lampung, tepatnya di kota metro. Beliau dengan tekat yang sangat kuat mulai berpikir untuk melestarikan belut yang saat ini jumlahnya semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

    “Kalo saya sih merasa kasihan dengan hewan licin itu, bayangkan saja setiap minggu berapa ribu ton belut yang pergi naik pesawat ke luar negeri.” Ujar beliau dengan lelucon di sela-sela kesibukannya.


    Budidaya Belut Lampung
    Gambar Kolam Budidaya Belut

    Beliau juga berpendapat bahwasannya pemerintah juga harus ikut berpartisipasi dalam usaha pelestarian hewan licin ini karena kalau hanya 100 atau 1000 orang yang berusaha melestarikannya, pasti masih sangat kurang dan jangan sampai kita terlambat yang akhirnya belut menjadi benar-benar punah dari muka bumi.

    “Belut memang sumber bisnis, tetapi kita harus tetap menjaganya juga dong” Ujar beliau.

    Inilah sebuah ironi yang wajib dipahami dan segera dilestarikan keberadaannya.
    .

    icon allbkg

    Tagged with:

    Next
    Posting Lebih Baru
    Previous
    Posting Lama

    12 for Belut Sebagai Bisnis, Namun Kurang Pelestariannya

    1. Saya dari lampung timur ingin berbudiya belut, kira2 dimana saya bisa mendapatkan bibit yg berkualitass

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kami juga menjual bibit bu, silahkan hub. 082182653431 atau 087898988145 untuk info lebih lanjutnya.

        Terima kasih,

        Hapus
    2. Saya dari riau,kira2 bibitnya bisa dikirim gan...

      BalasHapus
      Balasan
      1. silahkan hub. 082182653431 atau 087898988145 untuk info lebih lanjutnya gan.

        Hapus
    3. Maaf mau numpang tanya saya dengar di Lampung ada juga belut untuk obat ? Jika benar dimana saya bisa dapat bibitnya. Terima kasih atas informasinya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Semua belut pada dasarnya sama saja pak, kandungan gizi yang tinggi itulah yang menyebabkan ia bisa mengobati penyakit.
        Jadi kesimpulannya, belut jika dikonsumsi terus menerus dapat menimbulkan hal yang baik pak dan semua bibit belut itu sama saja pak.

        Hapus
    4. Ada yang jual bibit belut 190 ribu katanya belut ekspor menurut bapak gimana, saya tertarik ingin membeli tapi kok mahal bgt

      BalasHapus
      Balasan
      1. Semua bibit belut itu pada intinya sama saja, tidak ada belut ekspor atau apapun.
        Yang membedakan hanyalah ketika belut itu besar.
        Jika ia ukurannya besar, Grade A/B 1-20 ekor/kg itu termasuk kategori belut ekspor, tetapi itu semua tergantung dari jumlah dan apa pakan yang diberikan, lalu lamanya belut itu dibudidayakan juga sangat mempengaruhi belut itu menjadi besar.

        Hapus
    5. Maaf pak berapa harga bibit belut di tempat bapak dan apa bisa diantar sampai ke tempat, kalo bisa berapa jumlah minimal beli bibitnya? Juga berapa harga beli bapak untuk belut grade A, saya di mesuji lampung dan saat ini sudah menyiapkan kolam tinggal mencari bibit. Trims

      BalasHapus
      Balasan
      1. Silahkan hubungi 087898988145 atau 082182653431 untuk info lebih lanjut.

        Hapus
    6. sore pak nanno. pak kalau saya ingin beli bibit belutnya ap bisa saya dapat bimbingannya untuk cara bididaya belut. karna saya blm pernah budidaya. jadi msh perlu bimbingam nya. lokasi pak nanno dmn y? tq

      BalasHapus
      Balasan
      1. Silahkan hub nomor yang tertera di blog ini untuk informasi lebih jelasnya. trims

        Hapus

Comments

The Visitors says
close
Pelatihan Budidaya Belut dan Cacing